Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Untuk Ibu Hamil di Kabupaten Lombok Utara

Ibu hamil dan Covid-19

POGI (Persatuan Obstetri dan Gynekologi) telah mengeluarkan rekomendasi terbaru vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil tanggal 20 Agustus 2021. Ibu hamil dapat melakukan vaksinasi mulai usia kehamilan 13 minggu hingga hamil aterm.

Artinya usia kehamilan berapapun mulai 13 minggu ibu hamil boleh divaksin. Tidak ada lagi alasan penolakan vaksinasi karena usia kehamilan ibu sudah melebihi 33 minggu. Mendekati persalinan pun boleh melakukan vaksin ( Sumber: dr.Aldi SpOG (K) fetomaternal)

Tanggal 14/09/2021 telah diadakan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil yang di pusatkan di Puskesmas Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini telah di hadiri oleh Bapak wakil Bupati, Ketua PKK Kabupaten dalam hal ini Ibu Bupati Lombok Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan POGI RSUD Tanjung, Perwakilan DP2KB, Bapak Camat Tanjung, IBI Cabang Lombok Utara, Kemenag, Kepala Puskesmas UPTD BLUD Tanung beserta tamu undangan lainnya. Vaksinasi Covid merupakan salah satu usaha memutus penularan Covid-19 dimana ibu hamil mengalami immunocompromised (penurunan daya tahan tubuh) sehingga rentan terinfeksi virus atau penyakit lainnya. Tujuan vaksinasi Covid-19 juga untuk mengurangi resiko keguguran pada ibu hamil, kelahiran premature serta kematian ibu dan bayi karena Covid-19.

Pelaksanaan Vaksinasi

Ibu hamil bisa langsung mendapat vaksinasi tanpa perlu membawa surat rekomedasi dari dokter spesialis kandungan (OBGYN), asal syarat vaksinasi terpenuhi.

Pencanangan vaksinasi Covid-19 mendapat dukungan penuh dari Ketua PKK Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini Ibu Bupati dengan harapan setelah ibu hamil mendapat vaksin Covid-19 ibu dan bayi sehat sampai melahirkan dan menghasilkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas. Ibu yang sudah di vaksin mendapat sertifikat vaksin covid-19 dosis 1 yang diserahkan secara symbolis oleh Ibu Bupati.

Dalam sambutannya Bapak Wakil Bupati menyampaikan pesan khususnya pada ibu hamil yang sudah mendapat vaksinasi agar terus melanjutkan vaksin dosis ke-2 dan jika mengalami keluhan pasca imunisasi untuk segera menghubungi bidan desa atau tenaga kesehatan terdekat serta tetap menerapkan protocol kesehatan.

#seksikesgagizidinkeslombokutara#

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *